Home » , » Tali Temali dan Pionering, Materi Pramuka Pertemuan II

Tali Temali dan Pionering, Materi Pramuka Pertemuan II

Written By sail salut on 07/11/12 | 21.22

(07/11/12)mtsmhtroso.blogspot.com- Troso, sesi kedua latihan pramuka yang digelar oleh anggota pramuka MTs Matholi’ul Huda Troso, tali temali dan pionering menjadi materi utama kali ini (06/11/12). Untuk materi tali-temali diberikan khusus untuk siswa kelas 7, sedangkan materi pionering (menyambung dua tongkat dan mendirikannya) diberikan kepada siswa kelas 8 dan 9.  Adapun Materi tali temali yang diajarkan adalah membuat simpul yang meliputi; simpul pangkal, jangkar, tambat, tiang, tarik, hidup, mati, dan anyam. 

Alur latihan tidak beda dengan pertemuan sebelumnya, latihan dimulai dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dewan Penggalang (DP) dibantu Dewan Ambalan Setiabudi-Fatmawati. Sebelum pemberian materi berlanjut, masing-masing guru pembimbing memberikan arahan dan mengelompokkan siswa menjadi beberapa regu sesuai dengan kelas/tingkatan.

Tali temali-  Latihan dasar membuat berbagai macam simpul menjadi jajanan khusus untuk kelas 7. Disini mereka (siswa kelas 7) akan diberikan materi terlebih dahulu oleh DP mengenai macam-macam simpul beserta fungsinya. DP mempraktekkan cara membuat simpul yang kemudian diikuti oleh siswa. Setelah satu simpul selesai dibuat, DP menjelaskan fungsi simpul yang dibuat tersebut. Setelah pemberian materi selesai, satu anak akan diberi soal mempraktekkan beberapa simpul yang kemudian akan diambil nilai oleh guru pembimbing.

Pada pemberian materi simpul ini tidak selamanya berjalan mulus, terutama ketika dalam mempraktekkan membuat simpul. Hal ini cukup diakui oleh Laura (salah seorang DP dari kelas 9A yang memberikan materi), pasalnya ketika laura menyuruh mempraktekkan suatu simpul anyam kepada adik kelasnya, semuanya tidak ada yang benar. Kendati laura bingung cara penyelesaiannya. Untung ada salah satu Pembina yang mengarahkan, sehingga laura bisa lega karena satu titik kesalahan bisa teratasi.

Pionering- Suatu cara menyambung 2 tongkat atau lebih ini dijajalkan untuk kelas 8 dan 9. Cara pemberian materinya tidak jauh berbeda dengan materi yang diberikan kepada kelas 7. DP mempraktikkan tenik menyambung dua buah tongkat dan mendirikannya yang kemudian diikuti siswa dengan mempraktikkan seperti apa yang dicontohkan oleh DP. 

Menjelang akhir acara, masing kelompok menujukkan kreatifitasnya mengumandangkan yelnya. Lagu yel digunakan merupakan nada dari lagu-lagu pop yang sudah terkenal yang kemudian liriknya diganti sesuai dengan keinginan mereka. Seru dan menambah semangat, itulah pramuka. Meskipun sudah dalam keadaan lelah, tetapi ketika yel dinyannyikan satu kelompok bersam-sama, badan lemas dan dahaga yang menyerang menjadi tidak terasa.
 

Acara diakhiri dengan upacara penutupan oleh masing-masing kelompok, dilanjutkan masuk kelas dan berdoa akhir pelajaran.


Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. MTs Matholi'ul Huda Troso - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger